Tuesday, February 5, 2013

Soundcity: Misi Penyelamat Sebuah Studio Legendaris

Mungkin beberapa saat belakangan kita pernah mendengarkan tentang nasib Studio Lokananta di Solo, Jawa Tengah. Studio ini bisa dikatakan hampir tutup dikarenakan kurangnya perhatian dari pemerintah. Tetapi hal seperti ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Di Amerika pun ada satu studio rekaman legendaris bernama Sound City yang bisa dikatakan nasibnya sama seperti Lokananta. Yah bisa dikatakan tergerus dengan era digital. Dave Grohl (Foo Fighters/Nirvana) mempunyai ide untuk mendokumentasikan, menyutradarai dan memproduksi film tentang studio. Sound City studio yang telah melahirkan beberapa rekaman terbaik dari tahun 70an sampe di era 2000. Sebut saja Fletwood Mac, Dio, Metallica, Red Hot Chili Peppers, Rage Againts The Machine, Santana, Foreigner, Nirvana bahkan Slipknot. Serta beberapa produser musik besar disini seperti Rick Rubin, Ross Robinson, Butch Vig. Inti dari film ini adalah penyelamatan sebuah mixer analog besar yang disebut "The NEVE". Film berdurasi 100 menit ini, menurut saya patut ditonton. Apalagi untuk para musisi yang percaya kalau teknologi analog selalu terpercaya.

Berbicara tentang soundtracknya, ada 11 track yg menurut saya jagoan semua. Bukan karena liriknya atau aransemennya, tetapi soundnya. Very epic!!!. Saya pribadi paling suka dengan track "Cut Me Some Slack" dimana seperti melihat Nirvana kembali hidup tetapi dengan vokalis yang berbeda, Sir. Paul McCartney. "Mantra" juga jd pilihan yg lain saya, kejeniusan 3 musisi Trent Reznor, Dave Grohl, Paul Homme. Soundtrack dan Filmnya menurut saya patut dapatkan 4,5 bintang dari 5 bintang.
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Sound_City_(film)

Wednesday, June 27, 2012

The Institute

It starts 2 years ago, ketika gw mulai semangat dengan band lama gwe ORDINANCE. Disaat kita mulai bersemangat ternyata rintangan itu ada saja, mulai dari kita yg agak sulit mencocokan waktu untuk latihan sampai pada kenyataan bahwa 2 personil gwe harus cabut untuk kebaikan diri mereka. Well, klo soal kehidupan gwe bukan orang yg otoriter dan always try open my mind.
Saat itulah bassis gw JABAL GHAFUR, menawarkan konsep lain dalam bermusik yaitu main musik beraliran dance. Diotak gwe yg ada, WTF? Gwe gendut dan elo suruh gwe nyanyi gitu *wkwkkwkw. Berlewatnya waktu, semakin jelaslah arah dan tujuannya. Dia mulai mereferensikan beberapa band yang sama sekali belum pernah gwe denger, i must admit it musik electro, trance dan indie rock itu cuma buat knowledge gwe aja. Ga pernah tuh kepikiran bikin lagu dan nyanyiin macam gitu.
Dan semua player pun berkumpul, ARYA PARAMESWARA still stick with us, lalu DJ HAJI pun datang. Seorang DJ yg bener2 diluar commonnya seorang disc jockey, no smoke, no alcohol, no drugs (salute gwe ama ini orang). FYI, DJ HAJI adalah salah satu member dari TRACKNETIK dan followers dia ditwitter banyaaak banget *iriajah. JABAL tetep megang bassnya, skillnya pun sangat progress, setiap actnya dia bikin gwe termotivasi utk do the best. Tapi kita belum punya drummer, awalnya kenapa JABAL mau bikin band ini karena kawannya QAHARANU cuma pengen maen drum lagi. Akhirnya kita submit dia buat maen drumnnya, ternyata dia sibuk dengan pekerjaannya. Ga bisa disalahin juga sih, but konsep sudah kepalang tersetting. HARUS TETEP JALAN. Kita tetep nyari drummer, ada DAVID seorang guru drum yang ternyata skillnya gilaaa. Tapi waktunya dia dan prinsip bermusiknya tidak bisa kita satukan. Ada lagi si JIBRUT, pada saat itu klo kata gwe dia sedang galau akan bandnya, well sebenarnya band lebih berprospek...cek aja di google or youtube NICE FRIDAY, lagunya awesome lho.
Sampai akhirnya kita menemukan sosok ALUL FACHRUROZI, seorang drummer yang menurut gwe pribadi biasa aja,skill biasa aja, malahan anaknya suka skip mulu, tp keinginan dia itu belajar bereksperimen dan keluar dari kebiasaannya dia itu yang membuat gwe salute. Dia juga ter gabung dalam band yang namanya FILL N FEEL, dikalangan scene musik britpop Jakarta sudah lumayan terkenal bandnya. Keren lho mereka. Untuk casenya ALUL FACHRUROZI gwe selalu percaya bahwa bermusik itu bukan masalah skill, is all about attitude, ratitude, soul and friendly.
Thanks GOD sekarang, terus berjalan, terus berevolusi. Well mudah semua sesuai dengan ekspetasi dan harapan gwe. Itulah singkat cerita tentang 5 orang cucu Adam yang ingin selalu berkreasi. Nah disambung lagi ceritanya dey, GRAZIE


Thursday, February 9, 2012

TREND YANG MENURUT GWE ANEH

Banyak manusia, mungkin hampir diseluruh dunia itu kemakan yang namanya trend. Definisi trend tersebut bagi setiap orang itu pun sangatlah berbeda. Trend positif atau negatif pun terkadang ditelan bulat-bulat tanpa dipahami maksud dan tujuan. Hanya memikirkan sesuatu yang sama di mata masyarakat/komunitas/lingkungan.
Trend pun sendiri terpengaruh dari keadaan sosial politik suatu negara, itu terlihat jelas sekarang. Bahkan bisa dibilang suatu trend adalah gerakan provokatif. Kita bisa nilai dari perspektif mana pun. Gwe sebagai orang Indonesia melihat kapasitas suatu trend adalah dimana kemampuan seseorang memahami sesuatu melalui linguistik. Tata bahasa sudah mulai banyak perubahan disini, mungkin ini salah satu pengaruh budaya luar yang terkadang kita suka tidak dapat memahami secara tepat guna. Bahkan cuma untuk sekadar mendapatkan pengakuan dari pergaulan sekitar. Sebenarnya banyak trend yang ingin gwe bahas. Tetapi gwe akan coba memaparkan menurut ilmu dan pengalaman yang gwe tahu saja dan ada di Indonesia sekitarnnya.
  • Trend Gay dan Lesbi
Apa sih diotak kalian mengenai Gay dan Lesbi? Pasti rata2 mikirnya adalah penyimpangan seksual seseorang dengan menyukai/mencintai sesama jenis. Itu secara kharafiah menurut gwe, karena banyak kenyataannya banyak orang yang sebenarnya menjadi seorang Gay dan Lesbi dikarenakan lingkungan mereka. Bukan karena itu memang panggil jiwa mereka yang berkelainan. Ada yang dari kecil juga sudah merasa beda dari dirinya. Tetapi ada yang terpaksa sepertinya, mungkin agar dapat diterima di suatu lingkungan. Klo kita bisa lihat, banyak orang yang keinginan untuk survive sangatlah tinggi. Yang paling tinggi adalah kebutuhan primer mereka (makan, tempat tinggal, uang) agar dapat melangsungkan hidup. Alasan yang tertinggi adalah demi kebutuhan keluarga. Well, very ironic i would say. Gwe sih tidak terlalu banyak tentang Lesbi, tapi klo Gay setidaknya sudah punya gambar. Keinginan para Gay untuk mencapai jalan kesuksesan yang instant dilakukan dengan cara menjual diri pada Gay yang lain. Disamping itu kehidupan Gay juga terkesan hedonis dan glamor. Maka jangan heranlah kalau Gay dan Lesbi adalah suatu trend yang sedang marak bahkan makin terang - terangan di Indonesia ini. Sekali lagi gwe cukup ironis, karena gwe juga tidak bisa mempersalahkan perilaku mereka. Karena sikap orang Indonesia mulai banyak yang tak acuh akan sesama orang Indonesia. Jadi menurut gwe lebih tepatnya banyak Gay dan Lesbi KW. hehehe
  • Trend Telat
Bagi orang Indonesia, terutama di Jakarta. Telat adalah sesuatu yang sudah mulai lumrah, dengan alasan apalagi selain macet. Padahal budaya displin telah ditanamkan dari semenjak Taman Kanak-kanak. Gwe lihat zaman sekarang banyak orang yang suka telat. Dari telat datang, telat makan, bahkan sampe telat datang bulan (lah itu mah....*&^^&%^(_@":?>"{+). Budaya telat ini bisa dikarenakan banyak hal; mulai dari kebiasaan orang yang suka menggampang suatu tugas/kewajiban, terbiasa dengan multitasking tetapi malahan tidak jadi efisien dalam melakukan pekerjaan, dan yang paling juara adalah telat karena MACET. Makanya ini jadi suatu trend yang lumrah dan menahun biasa dimaklumi. Ya ini Jakarta, harus tahu caranya mengefisiensikan sebuah waktu. Tetep sih yang paling parah telat ngangkat, mulai dari telat ngasih tahu pasangan sampai telat ngangkat waktu keenakan (lho kesini lagi, gwe ga ada maksud buat cabul lho).....hahahaha
  • Trend Gadget dan Fashion
Boleh dibilang ini trend yang paling manusiawi, terutama kalau buat trend fashion. Yah admit it, siapa sih yang tidak mau terlihat gaya (gwe juga sih). Trend suatu fashion di Indonesia sangat lah berkembang, itu bisa dilihat dari banyaknya distro-distro dan serbuan produk- produk KNOCK OFF alias KW yg ada di Indonesia. Konsumerisme orang untuk sebuah fashion cukup tinggi lho dan kalau boleh dibilang ini bisnis yang ga ada matinya. Tinggal main style ajah. Nah klo gadget ini, yang gwe ga abis pikir. Namanya gadget itu menurut gwe lebih ke Self Esteem dan Self Pleasure.Iyalah, karena banyak orang beli gadget baru bukan karena guna nya. Tetapi karena gaya, contoh; Menurut gwe kalau kalian pake BB itu sudah lumrah sebab banyak orang yang suka berkomunikasi melalui chatting via BBM, Klo orang beli Android Tab/Phone, well masih bisalah kelihatan tepat gunanya. Nah iPad, coba ajah kalian perhatiin orang yang pake iPad. Kalau alasan mereka buat kerja, coba cek Apps nya palingan isinya Game semua. Hadeeh, mana gwe suka sebel gitu anak-anak kecil sekarang pada pake iPad. Itu sangat menimbulkan kesebelan dan kesenjangan sosial. AMPUNNNNN DAHHHH!!!
  • Trend Minum Beer / Alkohol
Sebenernya sih gwe ga mau mengkategorikan minum Beer/Alkohol itu menjadi trend. Cuma sekarang semakin banyak anak muda dibawah umur +18 tahun dapat mengkonsumsikan itu secara bebas sodara-sodara. Gwe akuin, gwe suka minum (dulu.....rezzzzzz) tapi ga segitunya juga kali. Agak aneh ga sih kalo kalian melihat anak-anak sekarang, minum bir satu botol besar diminum 5 orang, terus mereka bilang "ah dah mabok neh gwe". Asli kadang mau gwe jitakin saja kepala mereka (lah jadi emosi). Rata-rata orang Indonesia kurang memahami makna minum alkohol. Mereka hanya mencari mabuknya, apa enaknya coba?. Mabuk sampai teler, terus kalian skip segitu. Udah bayar mahal, terus kalian lupa apa aja yang terjadi? Whatta wasted (padahal gwe juga pernah, bahkan sering *duluuuu). Yah intinya, orang minum beer/alkohol itu buat santai dan enjoy, bukan buat mabuk-mabukan. Yah balik lagi sih, itu hak seseorang.
  • Trend 4L@y
Nah ini juga salah satu kemunduran anak zaman sekarang. Secara linguistik, gwe sangat tidak mengerti bahasa dan tulsan mereka ini. Naik turun bahasa yang disisipi dengan menyingkatan kata. Apa coba? Mau dibilang gaul dan cute malahan terkesan norak yah. Acara musik sekarang pun juga secara tidak langsung menambah eksistensi mereka, dengan gerak tangan yang kekanan dan kekiri. Bahkan disuatu ketika, disaat gwe ama teman gwe kena 3in1 para joki yang dahulu kala suka menawarkan jasanya rata-rata itu anak muda, sekarang berganti dengan para ibu-ibu yang membawa anaknya. Gwe dan teman gwe pun berpikir, apakah para joki-joki muda ini beralih profesi jadi alayers di acara musik salah satu stasiun TV. Bahkan gwe sampai memikirkan bagaimana mereka kesekolah. Ampun dah, balik lagi mungkin dengan masalah ekonomi (mungkin).Nah trend alay ini juga salah satu penyebab kenapa Gay dan Lesbi jadi banyak. Jadi sinkronin ajalah. hahahaha.
  • Trend Miskin
Miskin kok jadi trend? Tepatnya trend miskin ini lebih ke miskin.mental, miskin kepercayaan dan miskin kemajuan. Banyak orang yang cepat merasa nyaman dan puas. Lebih tepatnya mencari aman. Banyak orang sekarang mau jalan pintas dan gratisan. Trend seperti ini kayanya sudah mengakar dari zamannya penjajahan Belanda deh. Cuma bedanya, sekarang terlalu banyak yang dikeluhkan saja.Well, keep it strong and move sajalah.
  • Trend Galau
Aih skip bisa ga? Kalau yang ini kalian sendiri yang mendefinisikan, asli dah. Soalnya jika gwe bahas ini bisa-bisa tulisan ini jadi agak-agak syahdu gimana gitu...(aih matiiiii)
  • Trend Korupsi
Kalau trend yang satu ini jelas-jelas penyakit bangsa Indonesia. Dari jenjang pemerintah sampai jenjang rakyat jelata sekali pun. Ini dikarenakan salah satu karena trend miskin tersebut. Korelasi antara ingin mengkayakan diri disambut dengan pencitraan yang bagus menciptakan sesuatu yang disebut kemunafikan. Sejujurnya jika korupsi itu dikonotasikan sebagai penggelapan uang/harta/aset, itu kharafiahnya. Tanpa disadari pun kita pernah melakukan korupsi, seperti korupsi waktu, korupsi jabatan, bahkan sampai korupsi hak. Nah korupsi hak ini yang rata-rata sering dilakukan orang, karena mereka sebenarnya tidak ingin melakukan korupsi. Bingungkan dengan kata-kata gwe, hehehe. Klo kaya gini deh, banyak para pekerja mengambil tender dari kantornya. Mereka disuruh dari kantornya mengerjakan/mempersiapkan sesuatu untuk inventaris kantor, tetapi tidak ada reward untuk mereka. So, ketika mereka disuruh lagi oleh kantornya mereka melakukan penggelembungan /mark up harga (kalau gini paham gak?). Itu menurut gwe salah satu bentuk korupsi yang lumrah. Banyak prateknya sih, seperti kalau kalian mengurus KTP/KK/Izin Menikah/Pindah daerah. Pastinya banyak hal terjadi disini. Pokoknya banyak deh kalau gwe jabarin lagi. Sampai sedih dan ironis gwe lihatnya.

Actually, masih banyak trend-trend yang ingin gwe sampaikan dan menurut gwe aneh bin ajaib. Pesan gwe sih, jadi orang baik sajalah. Ga perlu lurus-lurus amat, yang penting tahu batas dan tidak menggangu orang lain. Itu yang lebih penting. Ini cuma sekedar wacana gwe, kalau ada yang tidak setuju atau silahkan komentar. Secara hari gini banyak orang yang sensitif dan selalu ambigu dengan pengartian suatu kata, bahasa dan makna (termasuk eike cynnn.....wkwkwkwk).


Tuesday, February 7, 2012

MUSIK ADALAH AMBIGU?

Kehidupan gwe bermusik itu seperti rollercoaster, dari jaman dahulu gw ngeband segini2 ajah dah (walaupun masih juga gwe jalanin sih hehehe). Dari bermacem genre pernah gwe rasain, mulai dari silly punk sampai sekarang maenin indie rock yg diselingkuhi dengan elektro musik. Well, so far gwe masih jalaninnya dengan hati, karena musik yg dimaenin selalu pake hati. Beda ama para musisi yg notabene mainstream, yg mereka berpikir musik itu sebagai pekerjaan. Malahan, terkesan jadi pegawai band. Coba kita tengok beberapa musisi yang cuma bisa lip sing trs cuap2 dilayar kaca (biasanya tuh acara2 pagi tuh *males nyebutnya). Gw yakin mereka sebenernya ga mau seperti itu, tp mau gmn lagi? Kesempatan ga dateng 2x, hasil dari mereka begitu gila juga sob. Well admit it, everybody need fix income for their life. Lagi pula secara ga langsung mereka membantu perubahan stigma masyarakat, bahwa jadi anak band bisa juga kok menghasilkan.

Ironis, sih. Tetap aja yang yang menang itu industri. Gwe sebagai pelaku dan penikmat musik cuma pengen, musik kita maju, bisa diterima lebih menyeluruh dimanapun.

Monday, February 6, 2012

Actually, gw belum tau fungsi buat skrg, palingan buat ajang gambaran gw aja. Tentang dunia dan negara ini. Lebih kehidupan sosial ampe gossip mungkin. Yah namanya juga baru, nanti juga ini ada fungsinya.
Ow iya, tumblr gw lupa gw maenin. http://idunkku.tumblr.com/ cek2 lah klo ada yg tertarik...hehehe

Hello EARTH

HALLO


Sebenernya gw mau bikin blog dari kapan tau. Cuma secara gw gaptek dan beberapa teman gw ga ada yg bs bantuin gw, yoweslah gw nekad ajah. Gw mulai tertarik untuk ngeblog sebenernya ga sengaja, cuma karena gw dulu sering download di beberapa blog orang lain (walaupun skrg masih....hehehe). Mudah2an gw bisa nulis terus dan mengasah kemampuan gw untuk ngeblog. ITADAKIMASE *lho itu mah selamat makan.